RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : …………………………………
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI ( Enam ) / II ( Dua )
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
Standar Kompetensi :
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi Dasar : dapat mendiskripsikan tentang rangkaian listrik
sederhana, seri, dan pararel
Indikator : 1. Mendiskripsikan
rangkaian listrik sederhana
2.
Menyusun rangkaian listrik seri
3.
Menyusun rangkaian listrik pararel
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan pembelajaran, siswa di harapkan dapat :
1.
Memperkirakan
hasil perubahan yang dilakukan oleh guru terhadap rangkaian listrik.
2.
Merakit
rangkaian listrik sederhana.
3.
Merakit
rangkaian seri dan pararel.
4.
Menjelaskan
perbedaan rangkaian seri dan rangkaian pararel.
5.
Menjelaskan
mengapa rangkaian-rangkaian listrik, misalnya di rumah tangga terpasang
pararel.
II.
Materi
Ajar
Rangkaian
Listrik
a. Rangkaian
listrik sederhana
Rangkaian
listrik sederhana adalah rangkaian listrik yang tersusun atas sumber energi listrik (baterai), kabel, dan lampu pijar.
Rangkaian listrik sederhana terdiri atas rangkaian terbuka dan tertutup. Pada
saat kabel dihubungkan
pada kutub positif
dan kutub negatif
maka akan
ada
arus listrik. Adanya arus listrik ini dalam kawat kabel dapat menyebabakan
lampu dalam rangkaian itu menyala. Rangkaian ini disebut rangkaian tertutup.
Jika salah satu kabel tidak terhubung dengan sumber
listrik, maka tidaka akan terjadi arus listrik sehingga lampu tidaka akan
menyala. Begitu juga jika kabel hanya terhubung pada salah satu kutub., tidaka
akan terjadi arus listrik. Rangkaian ini disebut rangkaian terbuka.
b.
Rangkaian Listrik Seri dan
Pararel
Rangkaian listrik seri adalah rangkaian yang lampu atau baterai disusun secara berurutan. Susunan
rangkaian seri digambarkan sebagai berikut:
Rangkaian listrik pararel
Rangkaian listrik pararel adalah rangkaian listrik yang lampu atau
baterainya disusun secara pararel atau sejajar. Biasanya pada rumah tangga
dipasang rangkaian listrik pararel karena bila salah satu sambungan listrik
terputus maka lampu pada sambungan listrik yang lain tidak akan ikut mati.
Susunan rangkaian pararel digambarkan sebagai berikut:
III.
Metode
Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Demonstrasi
c.
Tanya jawab
d.
Penugasan
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan I
1. Kegiatan awal ( 3 menit )
-
Guru memberi salam kepada siswa kemudian
meminta ketua kelas untuk memimpin doa
-
Presensi siswa
-
Apersepsi : guru menekan saklar kemudian guru bertanya
kepada siswa “ Mengapa
setelah saklar ditekan lampu dapat menyala ?”.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini
2.
Kegiatan
inti ( 10
menit )
² Eksplorasi
-
Guru mendemonstrasikan rangkaian listrik
sederhana.
-
Guru menjelaskan rangkaian listrik sederhana
² Elaborasi
-
Beberapa
siswa diminta mencoba percobaan yang telah didemonstrasikan oleh guru.
-
Setelah siswa selesai mencoba kegiatan sebelumnya, siswa diberi kesempatan
untuk berfikir dan menganalisis.
² Konfirmasi
-
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
hal-hal yang diketahui melalui kegiatan pembelajaran tadi;
-
Guru bersama siswa meluruskan
kesalahpahaman tentang materi pembelajaran, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
3.
Kegiatan
Akhir ( 2
menit )
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi mana yang belum di mengerti
-
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan salam penutup
Pertemuan II
1. Kegiatan awal ( 5 menit )
-
Guru memberi salam kepada siswa kemudian
meminta ketua kelas untuk memimpin doa
-
Presensi siswa
-
Apersepsi : Guru memasang dan mencabut kabel, kemudian guru bertanya
kepada siswa “ Mengapa
setelah kabel dipasang semua lampu menyala dan setelah dipasang kembali semua
lampu mati?
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
2.
Kegiatan
inti ( 15
menit )
² Eksplorasi
-
Guru mendemonstrasikan rangkaian listrik
seri tanpa menggunakan saklar
dan menggunakan saklar.
-
Guru menjelaskan rangkaian listrik seri.
² Elaborasi
-
Beberapa
siswa diminta mencoba percobaan yang telah didemonstrasikan oleh guru.
-
Setelah siswa selesai mencoba kegiatan sebelumnya, siswa diberi kesempatan
untuk berfikir dan menganalisis.
² Konfirmasi
-
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
hal-hal yang diketahui melalui kegiatan pembelajaran tadi;
-
Guru bersama siswa meluruskan
kesalahpahaman tentang materi pembelajaran, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
3.
Kegiatan
Akhir ( 5
menit )
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi mana yang belum di mengerti
-
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan salam penutup
Pertemuan III
1. Kegiatan awal ( 5 menit )
-
Guru memberi salam kepada siswa kemudian
meminta ketua kelas untuk memimpin doa
-
Apersepsi : guru mendemonstrasikan ?”.
2.
Kegiatan
inti ( 15
menit )
² Eksplorasi
-
Guru mendemonstrasikan rangkaian listrik
paralel tanpa saklar dan
dengan menggunakan saklar.
-
Guru menjelaskan mengenai rangkaian listrik seri dengan alat peraga dan
gambar di papan tulis.
² Elaborasi
-
Beberapa
siswa diminta mencoba percobaan yang telah didemonstrasikan oleh guru.
-
Setelah siswa selesai mencoba kegiatan sebelumnya, siswa diberi kesempatan
untuk berfikir dan menganalisis.
² Konfirmasi
-
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
hal-hal yang diketahui melalui kegiatan pembelajaran tadi.
-
Guru bersama siswa meluruskan
kesalahpahaman tentang materi pembelajaran, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
3.
Kegiatan
Akhir ( 5
menit )
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi mana yang belum di mengerti
-
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan salam penutup
V.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
a.
Kit
IPA SEQIP (rangkaian listrik) kelas VI SD
b.
Buku IPA BSE kelas VI
c.
Soal evaluasi
VI.
Penilaian
1.
Teknik :
Tes tertulis
2.
Bentuk instrumen : Soal isian (terlampir)
3.
Pedoman Penilaian = Benar x 20
= 100
LEMBAR
KERJA SISWA
Berilah tanda √
pada kolom yang sesuai
No
|
Rangkaian listrik
|
Lampu menyala
|
Lampu tidak menyala
|
Alasan
|
1
|
Rangkaian tertutup
|
……
|
.…...
|
.…...
|
2
|
Rangkaian terbuka
|
……
|
……
|
.…...
|
Kunci Jawaban :
No.
|
Rangkaian listrik
|
Menyala
|
Tdk Menyala
|
Alasan
|
1
|
Rangkaian tertutup
|
√
|
·
Pada rangkaian tertutup terdapat aliran arus listrik, sehingga lampu
menyala
|
|
2
|
Rangkaian terbuka
|
√
|
·
Pada rangkaain terbuka tidak terdapat adanya arus listrik sehingga
lampu tidak menyala.
|
Berilah tanda √ pada kolom yang sesuai dengan praktek
yang anda lakukan.
No.
|
Banyaknya lampu
|
Nyala lampu pijar
|
||
Redup
|
Terang
|
Terang sekali
|
||
1
|
Satu lampu
|
….
|
….
|
….
|
2
|
Dua lampu
|
….
|
….
|
….
|
3
|
Tiga lampu
|
….
|
….
|
….
|
Kunci jawaban :
1.
Redup
2.
Terang
3.
Terang sekali
Semakin banyak jumlah lampu yang digunakan maka nyala
lampu semakin redup (jumlah sumber energy (baterai) sama).
Terimaksh atas info'y izin copy ya..buat referensi
BalasHapusLucky Club Live Casino Review
BalasHapusLucky Club Live Casino offers you the chance luckyclub.live to be part of a group of well-connected individuals the same thing happens to other casino and games like blackjack, slots and
Casino Roll
BalasHapusCasino Roll is an online gambling 토토 하는 법 site with sports betting, casino games, and online scratch 바카라 게임 사이트 cards to play, 벳 365 코리아 along 무료슬롯머신 with bonuses and promotions. Rating: 4.4 · 사이트추천 Review by CasinoRoll
JT Casino & Resort Brings Back More Vegas - JT
BalasHapusThe resort 시흥 출장마사지 is opening a 양산 출장마사지 new resort for guests 천안 출장샵 Friday, Sept. 2 at 구리 출장마사지 the 제주도 출장안마 Wynn Las Vegas, where casino-style activities are encouraged.