Senin, 05 Maret 2012

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Kelompok 6 :

Yustina Kopong                       292010061
Ani Witaningsih                        292010069     
Liana Pramudiyanti                  292010081
Martha Vita K.                        292010084
Norika                                     292010315
Yupita                                      292010316


A.      Pendekatan Pembelajaran
·         Pendekatan Proses
Pada pendekatan proses, tujuan utama pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam keterampilan proses seperti mengamati, berhipotesa, merencanakan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan.

B.       Strategi Pembelajaran
·         Guru menyiapkan materi sebelum memulai pelajaran
·         Guru membagikan materi pelajaran pada siswa
·         Guru menjelaskan kemudian guru membagi lembar evaluasi atau soal
·         Kemudian siswa mengerjakan soal tersebut secara berkelompok.

C.      Teknik Pembelajaran
·           Setiap anak disuruh berkelompok dan bekerjasama dalam kelompok untuk melakukan pengamatan benda-benda di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

D.      Taktik Pembelajaran
·           Guru memberikan gambar yang menarik, agar siswa lebih bersemangat dan tertarik dalam mengerjakan tugas.

E.       Model Pembelajaran
·                Cooperative Learning
Model pembelajaran cooperative learning adalah salah satu model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran (student oriented). Dengan suasana kelas yang demokratis, yang saling membelajarkan memberi kesempatan peluang lebih besar dalam memberdayakan potensi siswa secara maksimal.

F.       Metode Pembelajaran
·           Diskusi dan Tanya jawab


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester            : 1 (satu) / 1

Alokasi Waktu             :  2× 35 menit

A. Standar  Kompetensi       :          
1.   Memahami dan mengenal bangun ruang

B.  Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi bentuk-bentuk benda yang menyerupai bangun ruang.

C.    Tujuan Pembelajaran
a.     Siswa dapat Mengetahui jenis-jenis bangun ruang dengan penanaman nilai  disiplin ( Discipline )
b.     Siswa dapat Memberikan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan bangun ruang.

v  Karakter siswa yang diharapkan :      Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility ).

D.    Materi Ajar
I.                    Mengenal Bangun Ruang

a.       Mengenal Bola dan bukan Bola

                                
Bola                                         Bukan Bola



b.      Mengenal Tabung dan Bukan Tabung
                                                   
Tabung                                                            Bukan Tabung
c.       Mengenal Balok dan Bukan Balok
                                             
         Balok                                                                  Bukan balok
d.      Mengenal Kubus dan Bukan kubus
                                                                   
                               Kubus                                                                  Bukan kubus

e.       Mengenal Kerucut dan Bukan Kerucut  
                                               
            Kerucut                                                              Bukan Kerucut  

E.                 Metode Pembelajaran
·           Diskusi dan Tanya jawab

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan awal
                             i.      Sebelum memulai pelajaran guru mengajak siswanya untuk berdoa menurut agamanya masing-masing.
b.     Kegiatan Inti  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami dan mengenal bangun ruang.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F   Menjelaskan materi dengan mengenalkan gambar-gambar yang berbentuk bangun ruang.
F  Memberikan gambar-gambar yang berbentuk bangun ruang kepada siswa untuk diamati.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis secara bertanggung jawab.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara  kelompok.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
c.                   Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.

G.                Sumber belajar :
·      Buku Paket Matematika kelas 1 SD
·      Lingkungan tempat tinggal siswa dan sekolah.

H.   Alat Evaluasi : Terlampir







I.       Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
o  Mengenal bentuk-bentuk bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas
Kelompok



Laporan  hasil diskusi kelompok





o  Sebutkanlah bentuk-bentuk benda yang menyerupai bola
o  Membedakan bentuk benda kubus dan bukan kubus

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* kerjasama dengan kelompok
* sebagian kerjasama
* tidak ada kejasama
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                                     ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                                              
        Kepala Sekolah                                                                              Guru Mapel Matematika


             ..................................                                                           ..................................
NIP :                                                                                              NIP :
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar